10 Makanan Non Kolesterol yang Banyak Orang Suka

1 min read

Ada bukti ilmiah yang mengatakan, bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat dapat memperbaiki kolesterol serta bisa menjaga kesehatan pada jantung. Anda bisa mengetahui 10 makanan non kolesterol yang banyak orang suka untuk dijadikan sebagai menu sehari – hari agar tidak membosankan.

Daftar 10 Makanan Non Kolesterol yang Banyak Orang Suka

Perlu Anda ketahui, bahwa pengaruh makanan terhadap kolesterol itu mempunyai kaitan erat dengan kandungan lemak jenuh. Karbohidrat, lemak trans, gula dan juga kolesterol yang ada di dalam makanannya. Untuk menjaga tubuh tetap sehat, ada baiknya mengonsumsi makanan berikut ini :

  1. Biji Gandum, Jali, dan Gandum Utuh

Salah satu makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai penurun kolesterol, yaitu semangkuk bubur yang terbuat gandum. Bubur tersebut bisa dijadikan sebagai pengganti saat sarapan. Dengan satu porsi sarapan gandum dapat memberikan 1 hingga 2 gram serat. Makanan lain adalah biji gandum.

  1. Kacang – kacangan

Selain mengonsumsi biji gandum dan gandum untuk dijadikan bubur. Anda juga bisa mencoba kacang – kacangan. Dikarenakan makanan tersebut sudah dikenal mampu menurunkan kolesterol, mengingat bahannya kaya akan serat yang larut dalam air. Bahkan butuh waktu lama untuk dicerna.

  1. Buah Alpukat

Buah alpukat menjadi salah satu buah favorit para milenial. Biasanya banyak masyarakat yang menjadikannya sebagai jus sehat atau bahkan dimakan langsung tanpa menggunakan campuran gula sedikit pun. Buah ini dikenal dapat menurunkan kolesterol, karena kaya akan nutrisi dan MUFA.

  1. Minyak Zaitun untuk Memasak

Penggunaan minyal zaitun juga sangat ideal, karena dapat dijadikan sebagai pengganti asupan lemak baik yang ada di dalam makanan. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal, bahkan tidak memiliki kandungan lemak trans. Jadi, kadnungan lemak jenuhnya lebih rendah dari mentega.

  1. Asam Lemak Omega 3 dan Ikan

Perlu diketahui, bahwa ikan memiliki banyak kandungan minyak dan juga asam lemak omega 3. Tentu saja akan sangat bermanfaat, karena mampu mengurangi kadar trigliserida. Bahkan bisa mengurangi risiko tekanan darah serta penggumpalan darah. Efek mengonsumsinya baik untuk jantung.

  1. Buah dan Sayuran

Dengan mengonsumsi buah – buahan dan juga sayuran berwarna – warni adalah pilihan terbaik untuk dapat melindungi jantung serta menghindari penyakit mematikan seperti kanker. Itu karena di dalamnya mengandung banyak serat larut air, sehingga menjadikan makanan penurun kolesterol.

  1. Kacang Kedelai / Soya

Salah satu makanan penurun kolesterol yang paling lezat dan banyak disukai masyarakat, yaitu kacang kedelai. Bahkan bahan tersebut tidak susah untuk ditemukan. Misalnya saja bahan makanan yang terbuat dari kedelai, yaitu tahu, soya, susu, tempe, dan lain-lain.

  1. Stanol dan Sterol yang Berasal dari Tumbuhan

Sterol dan juga stanol yang merupakan ekstrak dari tumbuhan ini dapat membantu untuk mencegah penyerapan kolesterol yang asalnya dari makanan ke dalam tubuh. Kedua zat tersebut kabarnya terdapat dalam buah, kacang, sayuran, sereal dalam jumlah kecil.

  1. Bumbu Dapur dan Tanaman Herba

Makanan penurun kolesterol lainnya yang tidak kalah pentingnya, yaitu menggunakan herba dan juga bumbu dapur. Makanan untuk kolesterol itu tidak perlu hambar, Anda bisa memakai bahan mulai dari basil, rosemary, cillantro, bawang putih, mint, lada dan lain – lain.

  1. Whey Protein

Lactoserum atau whey protein ini merupakan cairan yang biasanya tertinggal di dalam proses pengendapan proses pembuatan susu. Seperti misalnya saja keju atau bahkan yoghurt. Menurut informasi lengkapnya, tidak hanya menurunkan kolesterol melainkan mampu juga LDL (kolesterol jahat).

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail, mengenai 10 makanan non kolesterol yang banyak orang suka. Dari semua jenis makanan tersebut di atas, Anda bisa memilih salah satunya saja. Semua bahan makanan tersebut mudah untuk ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *