10 Kuliner Daerah Indonesia yang Terkenal di Dunia

1 min read

Selain dunia wisata, Indonesia masih memiliki banyak kekayaan yang dapat dikembangkan. Beberapa di antaranya seperti budaya, flora, fauna, dan lain-lain. Tak kalah juga dengan kuliner dari daerah dimana beberapa di antaranya sudah terkenal hingga taraf internasional.

10 Kuliner Daerah Indonesia yang Mendunia

Kuliner menjadi salah satu tujuan seseorang mengunjungi sebuah tempat. Hal ini dikarenakan adanya ciri khas masing-masing tidak ditemukan di tempat lainnya. Berikut ini beberapa contoh makanan Indonesia yang sudah dikenal di luar negeri karena keunikannya:

  1. Rawon

Rawon memadukan antara bumbu rempah berwarna hitam dengan daging baik sapi maupun ayam. Kuliner khas Jawa Timur ini sudah mendunia bahkan mendapat predikat makanan berkuah terenak bersanding dengan mi ramen dan lain-lain. Tentu saja hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri. 

  1. Rendang

Olahan daging selanjutnya yang terkenal hingga luar negeri ialah rendang. Makanan khas Sumatera tersebut memadukan antara daging sapi dimasak bersamaan dengan bumbu khusus sehingga menciptakan rasa unik. Kuliner khas Indonesia ini bahkan mengalahkan lainnya dari Amerika dan Eropa.

  1. Gado-Gado

Gado-gado ialah makanan khas yang memadukan campuran sayur dengan telur rebus. Dikenal secara internasional sebab memiliki rasa unik dalam bumbunya dimana tentu saja kaya akan rasa bumbu dapur ala Indonesia. Komposisinya pun dianggap seimbang sebab ada sayur, protein, dan karbohidrat.

  1. Sate

Sate adalah kuliner dari daerah dimana juga terkenal di luar negeri sebab keunikan rasa dan cara memasaknya. Semakin nikmat pula sebab dibarengi dengan bumbu kacang khas Indonesia. Tak hanya itu, sensasi pembakarannya pun menambah kenikmatan kuliner ini.  

  1. Pecel

Pecel merupakan makanan khas Jawa Timur yang hampir sama dengan gado-gado. Perbedaannya pada isi yakni nasi, sayur, lauk pauk kemudian disiram dengan bumbu khusus serta dilengkapi krupuk. Kuliner ini terkenal di luar negeri sebab memiliki perpaduan rasa khas yakni pedas, manis, dan gurih.

  1. Empek-Empek

Empek-empek ialah makanan khas Palembang dimana dalam negeri pun sangat digemari banyak dimana pun berada. Keunikan dari kuliner ini sehingga dikenal di luar negeri ialah komposisinya yakni terbuat dari daging ikan. Tak hanya itu, saos yang digunakan pun menambah kenikmatannya.

  1. Bakso

Bakso merupakan salah satu kuliner Indonesia yang sebenarnya juga dapat ditemukan di luar negeri. Perbedaannya yang menjadikan makanan ini terkenal hingga negara lain ialah kekuatan rasa pada kuah. Tak hanya itu, hidangan pendampingnya seperti mie dan gorengan memberikan ciri khas tersendiri.

  1. Tempe

Tempe merupakan sajian khas Indonesia yang terbuat dari ferementasi kacang kedelai. Dapat diolah menjadi berbagai macam sajian baik tumisan, gorengan, hingga makanan berkuah. Kuliner ini terkenal hingga luar negeri bahkan dijual dengan harga fantastis.

  1. Soto

Soto merupakan makanan berkuah dari Indonesia dimana dari beberapa daerah memiliki ciri khas masing-masing. DI luar negeri soto menjadi varian unik yang dapat dinikmati seperti sop karena rasanya gurih, Tak hanya itu, cocok pula dimakan di musim dingin untuk menghangatkan badan

  1. Gudeg

Gudeg merupakan khas Jogja berupa perpaduan antara sayuran dengan lauk pauk dengan pengolahan tertentu. Banyak wisatawan luar negeri yang mencoba makanan ini setiap berkunjung sebab tidak bisa ditemukan di negara asal. Oleh sebab itu, semakin banyak turis mancanegara mengenal kuliner ini.

Setiap daerah rata-rata memiliki makanan khas yang dapat menjadi unggulan di daerah masing-masing. Tak hanya itu, beberapa di antaranya bahkan berhasil menjadi karakteristik kuliner Indonesia di negara lain. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memperkenalkannya di kancah internasional. Demikian artikel singkat mengenai 10 kuliner dari daerah dimana sudah dikenal hingga luar negeri. Sebagai warga Indonesia tentu harus bangga dengan kekayaan makanan di negeri sendiri. Selain itu, juga harus melestarikannya agar ciri khas tersebut tidak hilang ditelan waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *